RSS

Pura Ulun Danu Batur

05 Agu

Pura Ulun Danu ini terletak di Desa Batur, Kintamani – Bangli, sekitar 70 km dari Denpasar. Pura ini awalnya terletak di kaki Gunung Batur. Pura dengan areal yang sangat luas dengan gerbang , baik Candi-bentar maupun Kuri-agung serta bangunan-bangunan Meru, begitu megah tinggi menjulang seakan berlomba hendak menyentuh langit, ditambah bangunan dan pelinggih lain yang jumlahnya ratusan membuat pura ini sangat mengesankan untuk dikunjungi.

Latar belakang gunung dan danau Batur menegaskan tempat ini seperti alam kedewataan. Berdasarkan uraian beberapa lontar disebutkan bahwa Pura Ulun Danu Batur berfungsi untuk memuja Tuhan dalamj manifestasi Wisnu dan Dewi Laksmi atau Dewi Ulun Danu dengan tujuan untuk memohon anugerah, utamanya kemakmuran dan keberhasilan dibidang pertanian yang berkaitan dengan air dan persubakan.

Sebagaimana pura lainnya Pura Ulun Danu Batur juga menerapkan konsep Tri Mandala dalam mengatur pembagian fungsi ruang dan tata letak bangunan. Pembagian ruangan tingkat alam yakni: alam paling atas / utama mandala untuk para Dewa disebut Jeroan. Alam tengah / madya mandala untuk manusia disebut Jaba Tengah. Dan alam bawah / nista mandala untuk bhuta kala disebut Jaba Sisi yang masing-masing dibatasi dengan Candi Bentar sebagai gerbang pertama dan Kuri agung sebagai gerbang berikutnya. Beberapa upacara penting di pura ini :

  1. Usabha Gede atau aci Bhatara Turun Kabehu yang terutama ditujukan kepada Ida Bhatara Sesuhunan Makalihan, dilaksanakan pada sasih ke dasa (bulan 10) dengan menghaturkan hasil bumi, memohon tirrtha Peneduh sebagai sarana memeperoleh kesuburan dan menetralisir gangguan hama padi.
  2. Aci Neduh dipersembahkan kepada Ida Ratu ayu Kentel Gumi yang dipercayai sebagai penguasa dan pengendali hama. Upacara dilaksanakan pada setiap sasih ke nem (bulan 6).

Selain menikmati indahnya puraini para wisatawan juga bisa menikmati indahnya panorama di Danau Batur ini. Danau Batur yang usaranya bersih, sejuk dan segar sangat cocok untuk mengisi liburan anda bersama kami di Pulau Bali ini.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 2012/08/05 inci OBJEK WISATA di BALI

 

Tag: , , , ,

Tinggalkan komentar