RSS

Museum Bali, Denpasar

11 Agu

Museum Bali  terletak di pusat kota Denpasar, tepatnya di sebelah timur Lapangan Puputan Badung, bersebelahan dengan Pura Agung Jagat Natha. Museum Bali di Denpasar dibangun pada tahun 1931, dirancang oleh arsitek P.J. Moojen. Museum Bali buka setiap Minggu s/d Kemis dari 08.00 – 15.00 dan Jumat dari 08.00 – 12.30 wita. Museum Bali adalah tempat yang baik untuk belajar lebih banyak tentang Bali. Karena di museum ini terdapat berbagai macam peninggalan sejarah tentang Bali. Bangunan di  museum Bali berdasarkan konsep Tri Mandala yaitu nista mandala (bagian luar), madya mandala (bagian luar sebelum memasuki bagian inti), dan utama mandala(bagian inti).

Di bagian utama mandala terdapat bangunan yang terdiri dari tiga gedung yaitu:

  1. Gedung Tabanan, Paviliun yang berarsitektur khas Kabupaten Tabanan, tersimpan barang-barang purbakala, seperti benda-benda kesenian, aksesori, peralatan rumah tangga, peralatan upacara, dan bermacam-macam senjata tradisional.
  2. Gedung Buleleng, Gedung berarsitektur gaya Bali Utara tersimpan alat-alat perlengkapan rumah tangga, alat-alat kerajinan, alat-alat pertanian dan nelayan, alat-alat hiburan, patung-patung primitif dari tanah liat, batu, dan banyak lagi.
  3. Gedung Karangasem, Gedung berarsitektur gaya Bali Timur tersimpan benda-benda prasejarah, benda-benda arkeologi, etnografi, seni rupa serta beberapa lukisan modern.
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 2012/08/11 in OBJEK WISATA di BALI

 

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: